Saturday, December 8, 2012

Mengapa Pesawat Terbang Tidak Bisa disambar Petir ?


Sahabat anehdankonyol.com seperti yang Kita ketahui bahwa petir suka menyambar tempat yg tinggi, gedung bertingkat, pohon yang menjulang sangat sering menjadi sasaran empuk sambaran petir. Pertanyaannya bagaimana halnya dengan pesawat ??……. Bukankah pesawat melayang diudara dengan ketinggian ribuan meter dari daratan, Aneh bukan ??…… 
Tentunya akan menjadi target utama untuk petir menyambar, tapi mengapa tidak ada maskapai yg menghentikan penerbangan ketika terjadi badai petir? mungkin kita simpan dahulu pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kita bahas tentang petir. Dari berbagai sumber dan buku bahwa terjadinya petir disebabkan oleh gesekan antar awan Petir terjadi diakibatkan terkumpulnya ion bebas bermuatan negatif dan positif di awan, ion listrik dihasilkan oleh gesekan antar awan dan kejadian. 
Ionisasi ini disebabkan oleh perubahan bentuk air mulai dari cair menjadi gas atau sebaliknya, bahkan perubahan padat (es) menjadi cair. Ion bebas menempati permukaan awan dan bergerak mengikuti angin yang berhembus, bila awan-awan terkumpul di suatu tempat maka awan bermuatan akan memiliki beda potensial yang cukup untuk menyambar maka inilah yang disebut petir.
Kembali kepertanyaan semula , bahwa benda yg terbang diangkasa akan menimbulkan muatan listrik statis yang diakibatkan karena gesekan antara benda tersebut dengan udara atau awan,atau hampir sama kejadiannya dengan terjadinya petir begitu pula dengan pesawat terbang.mungkin dahulu pesawat kerap sekali tersambar petir tetapi pada jaman sekarang ini pesawat sudah dilengkapi dengan sistem static discharge. 
Pada saat pesawat terbang diangkasa bergesekan dengan udara dan awan akan timbul muatan listrik statis diseluruh badan pesawat,karena terdapat static discharger pada badan pesawat maka akan segera membuang listrik ke udara.sama halnya bila pesawat tersambar petir aliran listrik dari petir tersebut akan segera di buang ke udara .
Sehingga sangat kecil kemungkinan pesawat tersambar petir.bentuk dari system static discharge pada pesawat sangat simple dan sederhana,karena hanya berupa potongan logam yang dibungkus plastik yang jika dilihat secara visual seperti Paku dan ditempatkan pada sayap, ekor dan hidung pesawat.
Dan hanya berjumlah kurang lebih antara 12 atau 16.ketika ada sambaran petir yang mengenai pesawat maka muatan listrik tersebut akan dialirkan menuju permukaan kawat yang lebih runcing yang berada di sayap maupun di ekor pesawat,dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam ruang pesawat itu. dan apabila ada kejadian pesawat tersambar petir berarti alat atau static discharge yang terpasang tidak bekerja dengan baik tapi itupun jarang sekali terjadi.

No comments:

Post a Comment