Sejarah vespa dimulai lebih dari
seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa,
Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai
peralatan kapal.
Tapi
di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta,
body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya
memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio
membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia.
Pabrik
di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang
beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama
Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat
dua penumpang dan Versi Pembom.
Pada
akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu.
Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya
(Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk,
Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah.
Enrico
memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal
Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah
Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang
merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya
Piaggio.
D’Ascanio
membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan.
D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil
gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah
kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel
Chassis.
Garpu
depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk
penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat
yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.
Maka
pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang
sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai
terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan
menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.
Guna
mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu
masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki
pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino
d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.
Hasilnya,
muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini
berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai
binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.
Namun,
karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah
pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor
Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh
Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki
model tersebut.
D’ascanio
hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain
kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio
melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una
Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu,
diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa
Indonesia).
Pada
April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio
di Pontedera, Italia. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan
dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun
1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari
revolusi gagasan pada waktu itu.
Perkembangan
selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris,
Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk
ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis
dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj.
Jenisnya
adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan
lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc
buatan Jerman.
Pada
saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi
ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara
pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat
Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.
Selidik
punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri
dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk
berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk
pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa
melekat.
Produk 150 GS --
kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film
tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu.
Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih
membulat.
Dan
cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa,
mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150.
Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang
Italia
Read more: http://www.anehdankonyol.com/2012/06/sejarah-berdirinya-vespa-yang.html#ixzz2ETjC7n1s
No comments:
Post a Comment